Skip to content

Mencari Informasi Lebih Cepat

21 Oktober 2009

Kalo berbicara tentang pencarian data / informasi yang ada di komputer kita, pasti selalu berhubungan dengan jumlah / banyaknya data yang ada di komputer. Makin banyaknya data, makin lama pula hasil pencariannya. Jadi coba pikirin deh, kira2 di komputer Anda, apakah ada data yang sudah sangat lama, yang jarang dibuka atau tidak pernah dipakai lagi. Kalau ada, mending buang aja deh, buang2 memori aja tuh. Kasian kan komputernya. Hehehe.

Ni ada beberapa cara untuk mengetahui apakah data itu sudah lama.

Cara pertama, kita bisa melihat dengan manual satu persatu berdasarkan filenya, misalnya, Anda punya file bernama PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN. Nah dari sana untuk mengetahuinya kita bisa masuk ke Properties dari file tersebut. Soale disana keliatan, kapan sih file tersebut kita bikin, kapan terakhir di edit, dan lainnya. Banyak banget info yang diberikan, kamu cek sendiri aja.

File Properties

Oke, itu yang pertama, kita lanjut aja ya. Kayaknya ribet ya kalo harus menghapus file satu persatu, gimana kalo ternyata file yang terhapus itu penting, bisa ribet nantinya. Makanya ada yang namanya Backup. Saranku di backup aja, tapi di harddisk yang lain ya. Biar lebih mantab, sapa tau aja komputer Anda kena virus, kalo disimpan di tempat yang sama kan bisa repot.

Harddisk sekarang murah kok, tapi kalau masih merasa kemahalan, backup di CD/DVD aja. Masih kemahalan juga, ngerepotin aja nih kamu. Kalo gak mau ngeluarin uang untuk backup, pake yang namanya Microsoft Sky Drive aja. Sky Drive itu tempat penyimpanan online dari Microsoft. Disana kita bisa nyimpan file sampe 25 Giga lho, gede kan. Info lebih lanjut tentang Sky Drive nanti aja ya. Tar ada kok di waktu yang akan datang, tunggu aja.

Ini neh yang ketiga, dan perlu diperhatikan juga. Untuk yang biasa pake Outlok, cek deh emailnya. Di inboxnya penuh gak. Kalo udah penuh dibuang aja. Dari pada menuh2hin memori. Sayang tuh, masa email yang udah 1 tahun masih disimpan.

Yang terakhir, untuk yang suka internetan, mendingan semua history nya dihapus sekalian juga, biar cuma history itu juga berpengaruh lho. Cara ngapusnya, untuk yang pake Internet Explorer, bisa lewat menu Tools –> Internet Option.

Internet Option

Kalo udah pilih Delete aja, tar muncul kotak dialog seperti dibawah ini, trus hapus aja semuanya.

Delete Browsing History

Itu dulu ya, udah capek neh ngetiknya. Tunggu kabar Microsoft dari saya yang lain ya.

Aulia Budiman

From → Microsoft

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: